Pengikut

Pengikut

Advertisement

Hebatnya Pameran Buku Internasional

Kabar gembira datang dari negeri seribu menara. Pameran Buku Internasional Kairo 2012 (Cairo Internasional Book Fair 2012) kembali diselenggarakan. Pameran buku atau  dalam istilah Arab populer disebut  Ma’radh Al-qahirah Ad-dauli Lilkitab akan berlangsung selama 15 hari  mulai tanggal 22 Januari  sampai  7 Februari 2012 nanti.  

Pameran buku berskala Internasional ini dipusatkan di Cairo International Fair Grounds, atau di depan kuliah At-tib Universitas Al-Azhar, Nashr City. Agenda tahunan kali ini terlihat lebih meriah setelah tahun lalu sempat ditiadakan akibat konflik  yang melanda Mesir. Selain itu Cairo Internasional Book Fair 2012 menjadi pameran pertama pasca lengsernya Husni Mubarak.

Tercatat sejumlah perwakilan negara-negara Arab dan beberapa perwakilan negara barat hadir dalam pembukaan pameran ini. Lebih 2 juta pengunjung ikut ambil bagian meramaikan Cairo Internasional Fair Grounds. Pameran ini juga melibatkan ratusan penerbit besar ditambah hadirnya stand bebarapa negara semisal semisal  Saudi Arabia, Kuwait, Qatar, Bahrain, Oman, Maroko, Iraq, Turki, Sudan, dan Jerman.

Moment ini  kembali menjadi kesempatan indah bagi mahasiswa  asing untuk  berkunjung sekaligus membeli segala jenis buku. Terutama sekali literatur Islam baik klasik (turats) maupun modern. Terutama yang paling diminati mahasiswa adalah literatur Islam klasik. Ada nilai plus tersendiri saat membeli buku disini, para pengunjung bisa mendapatkan buku dengan cetakan  berkualitas.  

Namun ada juga yang sekedar berkunjung saja sambil menikmati kemeriahan pameran. Pasalnya ini adalah pameran buku terbesar kedua di dunia setelah pameran buku Internasional di Frankfurt, Jerman. Biasanya para pengunjung membawa serta keluarga. Praktis anak-anak Mesirpun turut meramaikan tempat pameran seiring musim libur pasca ujian.

Ada banyak kesan ketika memasuki satu persatu stand, salah satunya adalah stand negara Arab Saudi. Stand Saudi dipermak demikan indahnya, dimana miniatur Mesjid Al-Haram beserta kakbahnya dipamerkan. Di stand ini pengunjung dibolehkan mengambil gratis satu atau dua mushaf Al-quran tejemahan dalam berbagai bahasa. 

Satu hal lagi yang tak boleh terlewatkan adalah mengabadikan gambar bersama para pengunjung. Disini nuansa keakraban sesama pengunjung benar-benar terasa. Senyum persaudaraan sesama muslim selalu mengembang dibalik kemeriahan pameran. Akhirnya ada sebuah harapan agar spirit Cairo Internasional Book Fair 2012 ini bisa menjalar ke tanoh indatu dalam membangun kembali budaya cinta buku.

Posting Komentar

0 Komentar