Pengikut

Pengikut

Advertisement

Apa Arti Nama Anda

Saya punya kawan dari keturunan Tionghoa selama belajar di Sekolah Dasar di Lameulo, namanya Chung Chung. Sekarang Chung-Chung dan keluarganya sudah tak lagi bermukim di Lameulo, kabarnya mereka pindah ke Kutaraja. Penasaran dengan arti Chung-Chung, maka beberapa hari lalu saya searching, dapatlah arti Chung artinya baik dan cerdas. 

Kenyataan ini makin menjadi bukti bahwa betapa semua manusia dengan beragam agama ingin menamai anaknya dengan nama baik dan mulia. Karena nama adalah doa, sehingga memanggil nama seorangpun tak boleh setengah setengah. Jika itu terjadi maka akan menghilangkan makna dan sakralitas dari nama itu sendiri. Sebenarnya inilah salah satu contoh sikab ihsan kita dalam bermuamalah antar manusia. 

Bahwa orang jahiliyah Mekkah dulu sering memberikan nama yang tidak baik bagi sang anak, sehingga ketika syiar Islam sudah ditabuhkan, Rasulullah menganti nama mereka menjadi nama  mulia.

Bahkan jika kita telusuri lagi kitab sirah nabawiyah semisal Rahiqul Makhtum, atau kitab Asy Syifa maka kita dapati ada anjuran anjuran untuk menamai nama anak kita dengan Muhammad, dengan maksud mengambil keberkahan dari nama mulia itu. Kenyataanya sekarang nama yang paling banyak disebut-sebut manusia setiap hari adalah nama Muhammad, nama yang paling banyak dinamai di dunia nama Muhammad, hatta mantan petinju legendaris dunia yang baru saja menghadap Allah mengantikan nama muslimnya menjadi Muhammad Ali Allah Yarham. 

Terlepas dari nama baik yang diberikan orang tua atau ada  nama yang sudah terlanjur diberikan yang kadang sulit dicarikan artinya, lantas tidak membuat kita selaku pemilik nama lupa dan lalai mensyukuri nikmat Allah yang maha Pencipta, apalagi tahun ini Allah perkenankan kita untuk mencicipi ibadah di bulan suci Ramadhan, semoga kita mampu untuk terus meningkatkan kualitas diri menuju predikat taqwa. Ala kulli hal Ramadhan Karim, kami sekeluarga mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin.

Posting Komentar

0 Komentar