Pengikut

Pengikut

Advertisement

Sabar dalam Rumah Tangga


Salah satu sifat yang perlu dipupuk demi berlangsungnya kesakinahan dalam rumah tangga yaitu sifat sabar. Energi kesabaran ini yang mampu mempertahankan dua pasangan yang berbeda dengan sambil terus memperbaiki diri.

Banyak teks agama yang menulis kelebihan dari kesabaran. Kesabaran menjadi ibunya akhlak. Orang yang mampu bersabar maka akan melihat dunia ini sangat kecil sekali bahkan dunia ini seperti sampah. Jika pasangan masih meletakkan dunia di hatinya, maka ia sulit bersabar akan ujian. Harus diingat tujuan utama dan cita cita tertinggi  adalah akhirat, mengharap Ridha sang pencipta.  Maka berkeluarga itu sendiri adalah universitas kehidupan yang membentuk kita menjadi penyabar.

Permasalahan poligami misalnya,  hal ini berat bagi istri yang masih bergumul dengan dunia ini. Lihat tujuan paling besar adalah tersampainya tujuan akhirat. Apa yang terlihat justru bukanlah filosofi bertambah, tetapi pengurangan melalui perceraian  karena melihat sesuatu dalam kacamata dunia.

Adakalanya suami harus bersabar dengan perangai, cobaan yang Allah berikan kepada istri, berupa sakit dan sebagainya. Suami diuji ketika sudah mempunyai finansial yang mencukupi, sementara istri diuji manakala suami belum lagi memegang dunia di tangannya.

Maka pasangan yang ideal itu salah satunya  mampu bersabar dengan mengisi kesabaran dengan menyemai bunga bunga keromantisan.

Posting Komentar

0 Komentar