Pengikut

Pengikut

Advertisement

Televisi dan Anak

Dua tahun lalu, dalam pelatihan metode Tahfiz balita yang diasuh syekh Kami El Labaudi di Banda Aceh, syekh Kamil mengingatkan supaya  anak berfokus dalam menghafal Alquran maka jauhkan anak anak itu dari televisi. Kartun kartun yang banyak bergerak justru akan membuat anak anak ini semakin banyak bergerak.

Televisi menjadi momok penghancur bagi kehidupan emas anak. Sangat disayangkan jika  orang tua yang mengedepankan ego menonton sinetron setiap hari dan malamnya. Keberadaan bersama anak hanya omong kosong. Hanya fisiknya bersama anak, tapi jiwanya melayang ke sinetron sinetron dan acara yang tak mendidik lainnya.

Belum lagi para orang tua yang sibuk mengejar karirnya, istri sebagai madrasah pertama tak melaksanakan tugasnya secara sempurna, pun seorang ayah juga abai sebagai keluarga. Anak dititipkan kepada paud atau lainnya. Padahal masa masa emas anak itu perlu dimanfaatkan sebaik baiknya, masa sebagaimana disebut syekh Kami sebagai masa emas menghafal dan juga melatih bilingual.

Bukan berarti tidak boleh mendekatkan televisi dengan anak, tetapi televisi Indonesia saat ini sangat tidak mendidik dan itu tidak sehat bagi perkembangan akhlak generasi kedepan.

Memilih dan menyetel program program edukasi bagi anak, Seperi murattal Alquran. Anak anak dalam usia emas akan selalu menerapkan format see and do. Apa yang dia lihat itu yang dikerjakan. Kalau orang tuanya suka mengeluarkan kata kata kotor anak juga akan mengikutinya, kalau orang tua rajin membaca, anak juga akan dekat dengan buku buku.

Dalam kalam hikmah para ulama disebutkan jika orang tua yang selalu rajin bershalawat, maka dalam tarbiyah ya, anak anak akan berproses menjadi anak yang shalih dan shalihah.

Maka lihat para orangtua yang sudah sukses mendidik anaknya, di rumah Meraka tak disibukkan selalu membicarakan hal dunia tetapi berimbang dengan hal hal akhirat.

Televisi jika tidak diformat dengan baik maka akan menjadikan rumah keluarga itu menjadi rumah televisi rumah dunia. Bukan lagi rumah Rabbani yang selalu dekat dengan nilai nilai quraniyah.

Posting Komentar

0 Komentar