Pengikut

Pengikut

Advertisement

Belajar dari Ayat Sejarah

Dalam Alquran ayat berkaitan sejarah dan kisah banyak sekali. Alquran menyebutkan kisah nabi Yusuf sebagai kisah terbaik. Apa pelajaran penting disini? Sebagaimana disebut syekh Al Salabi,  bahwa Sejarah terus berputar, Alquran menyebutkan, wa tilka Al ayyami nudawiluha baina an Nas. Allah telah mempergilirkan kejayaan bagi setiap bangsa.

Bani Umayah telah pernah mengalami kejayaan lalu hancur, Abbasiyah  bersama Andalusia bahkan sangat lama berkuasa, menjadi  masa emas bagi kemajuan ilmu dan peradaban, kemudian hancur, kejayaan diambil oleh kerajaan kecil di Afrika Utara dan sekitarnya, tidak bertahan lama, bekas Konstantinopel kemudian menjadi milik Islam, menjadi Turki Ustmani, bidang kemiliteran maju pesat, Istanbul menjadi kota terindah kala itu. Kemudian hancur. Menariknya format kehancuran antara kerajaan itu memiliki titik kesamaan, meninggalkan taat kepada Allah dan Rasul lalu larut dalam  bermaksiat.

Syekh Salabi, melemparkan sebuah pertanyaan,   maka tanyakan kepada diri sendiri, pada fase mana kita sudah berada?  Sejatinya umat Islam memang tak pernah kalah. Tetapi hukum alam ini berlaku jika taqwa telah hilang, Sabu sabu dimana-mana  maka tunggulah kehancuran, hancur rumah tangga, hancur kampung sampai negara.

Alquran mengingatkan kita, jika hidup masih belum dihiasi dengan ibadah salat,  tidak ada kecintaaan kepada ilmu dan orang shalih,  maka jangan harap kesuksesan akan berpihak kepada individu, Ulayat dan negeri.


Posting Komentar

0 Komentar