Pengikut

Pengikut

Advertisement

Mari Memaafkan dan Melupakan Kesalahan


Alquran menyebutkan, fakfu wasfahu, maknanya memaafkan dan melupakan kesalahan,  tidak lagi mengungkit kembali kesalahan yang diperbuat.  Allah ingin membersihkan hati  dari dendam dan marah kepada orang yang bersalah kepada kita, kalau kita sudah memaafkan maka bersihkan hati kita. Ayat ini turun kepada kaum muslimin pada masa lemah dan ditekan oleh kaum musyrikin Mekkah. Kala itu Allah belum menurunkan perintah berperang walaupun kaum muslimin sudah datang kepada Rasul, menanyakan kapan kita berperang ya Rasulallah?

Allah menunda peperangan agar menjadi hikmah bahwa perang hanyalah untuk menahan diri dari kejahatan orang lain. Nabi bersabda, aku belum mendapat perintah dari Allah. Motif berperang itu bukan hanya karena semangat, tapi berperang itu didasarkan  kepada kepatuhan akan perintah Allah.  Perang baru diwajibkan beberapa tahun setelah Rasul hirah ke kota madinah. Dalam sejarah tercatat ada 500 orang yang terbunuh dalam peperangan baik yang dihadiri nabi maupun tidak. Kita dapati perbedaan perang hari ini adalah banyaknya yang meninggal, mungkin itu bukan perang karena Allah, seakan-akan nyawa tidak ada harganya. Masa Rasulullah, tidak sampai 500 orang yang terbunuh dari kaum musyrikin dan kaum muslimin.

Kaum muslimin diperintahkan untuk bersabar dan memaafkan kaum musyrikin maupun ahlu kitab. Nabiyullah Musa ketika dikejar oleh fir’aun dan Bani Israil dalam keadaan lemah, dan firaun menyerangnya. Apa yang diperintahkan Nabi Musa kepada kaumnya? Nabi Musa mengatakan, bersabarlah kamu, Allah akan wariskan tahta kepada siapa saja yang dikehendaki, tidak ada orang yang kekal mengusai bumi ini. Pemenang sebenarnya hanyalah orang bertaqwa,, ini bukan urusan ada jabatan dan tidak, di akhirat nanti yang mendapat keberuntungan hanya orang bertaqwa, akhlaknya adalah memaafkan dan melupakan kesalahan, fakfu wasfahu. Mari memaafkan dan melupakan kesalahan saudara kita.

Ilustrasi, sumber foto: Hidayatullah.com



Posting Komentar

0 Komentar