Pengikut

Pengikut

Advertisement

Tanda Orang Berakal Menurut Abu Darda'


Salah satu modal mengalahkan orang yahudi adalah berakal, Abu Darda' mengatakan orang berakal itu merendahkan hatinya, ilmu dan pengalamannya, kedua tidak meremehkan yang dibawahnya. 

Ketiga, Selalu memegang keutamaan dalam setiap pembicaraannya, walapun bercanda, Imam Ibn Jauzi, menulis sesuatu yang lucu tapi mengandung keutamaan, keempat,  beinteraksi dengan masyarakat dengan akhlak yang baik, hari ini kita punya masyarakat dunia maya, kalau bicara dan diam dengan akhlak. 

Kelima, orang berakal memastikan bahwa ada iman antara dia dan Tuhannya. Orang berakal berjalan dengan ketakwaaannya tapi tersembunyi. Hari ini dalam segala aktifitas,  terkadang tidak ada lagi yang kita sembunyikan, padahal menyembunyikan sesuatu pada hal benar adalah ajaran nabi. Lagi sedih atau lagi makan misalnya update status.

Ala kulli hal, hikmah lebih tinggi dari ilmu, karena ilmu yang Allah berikan hanya sedikit, Alquran menyebutkan kisahnya Lukman yang diberikan hikmah, lalu diberikan kebaikan yang banyak. Ia menasihati anaknya, seseorang tidak sempurna akalnya hingga mepunyai sepuluh sifat sebagaimana disebut dalam surah al-Luqman. 



Posting Komentar

0 Komentar